Kamis, 08 September 2016

MANFAAT DIMENSI DAN BESARAN POKOK (AMELIA MARGONO X IPA 4 / 5

DIMENSI DAN BESARAN POKOK
Dimensi adalah cara penulisan suatu besaran dengan menggunakan simbol (lambang) besaran pokok. Hal ini berarti dimensi suatu besaran menunjukkan cara besaran itu tersusun dari besaran-besaran pokok.
Kegunaan Dimensi :
1. Membuktikan dua besaran fisis setara atau tidak.
2. Menentukan persamaan yang pasti salah atau mungkin benar.
3. Menurunkan persamaan suatu besaran fisis jika kesebandinganbesaran fisis tersebut dengan besaran-besaran fisis lainnya diketahui.
Image result for manfaat besaran pokok dan dimensi
Besaran pokok ialah besaran yang satuannya telah ditentukan dan tetapkan terlebih dahulu. besaram ini juga dipandang sebagai besaran yang berdiri sendiri, tanpa adanya turunan dari besaran-besaran lainnya. sekarang besaran pokok dibedakan menjadi 7 dan serta satuannya menurut SI (satuan internasional).
Image result for alat ukur


Pada pembahasan alat ukur sebelumnya, seluruhnya termasuk alat ukur besaran pokok. Bagaimanakan mengukur besaran turunan? Saat ini banyak besaran turunan yang dapat diukur secara langsung, artinya sudah ada alat ukurnya. Misalnya, tekanan udara diukur dengan barometer, gaya diukur dengan dinanometer. dan volume air diukur dengan gelas ukur. Sementara itu untuk mengukur luas atau volume suatu benda yang bentuknya beraturan kita dapat menggunakan rumus matematika. 🙂Lalu bagaimana jika benda yang akan kita ukur bentuknya tidak beraturan, misalnya saja batu? untuk mengukurnya kita dapat menggunakan gelas ukur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar